Sejarah Singkat Gerakan Pramuka Sedunia

1.       Pada awal tahun 1908 BP selalu menulis cerita pengalamanya sebagai bungkus acara latihan kepramukaan yang di rintisnya. Kumpulan tulisan itu kemudian terbit sebagai buku “SCOUTING FOR BOYS” .
2.       Kemudian di susul berdirinya Organisasi kepramukaan putri yang di beri nama GIRLS GUIDS atas bantuan Agnes, adik perempuan BP. Kemudian di teruskan oleh Ny. Boden Powell.
3.       Tahun 1916 berdiri klompok pramuka usia Siaga, yang di sebut dengan CUB(anak srigala) dgn buku The Jungle Book, berisi cerita tentang MONGLL anak didikan rimba(anak yang di pelihara oleh induk Srigala) karangan kipling sebagai cerita pembungkus kegiatan CUB tersebut.
4.       Tahun 1918 BP membentuk ROVER SCOUT(pramuka usia penegak) untuk menampung mereka yang sudah lewat usia 17th, tetapi masih senang giat di bidang kepramukaan. Tahun 1922 BP menerbitkan buku ROVERING TO SUCCESS(mengembara menuju bahagia) yang berisi petunjuk bagi pramuka penegak dalam menghadapi hidupnya, agar mencapai kebahagiaan.
5.       Tahun 1920 di selenggarakan jambore Sedunia, diantara Olympiade, London, BP telah mengundang pramuka dari 27 negara, dan pada saat itu BP di angkat sebagai bapak pandu sedunia” (Chief Scout Of The World).
a.       Th 1924 jambore II di Ermelunden, Copenhagen, Denmark.
b.      Th 1929 jambore III di Arrow Park, Birkenhead, Inggris.
c.       Th 1933 jambore IV di Godollo, Budapest, Honggaria.
d.      Th 1937 jambore V di Vogelenzang, Bluemendaal, Belanda.
e.      Th 1947 jambore VI di Misson, Prancis.
f.        Th 1951 jambore VII di Salz kamergut, Austria.
g.       Th 1955 jambore VIII di Ontario, Canada.
h.      Th 1957 jambore IX di Sutton park, Sutton Coldfild, Inggris.
i.         Th 1959 jambore X di Nakiling, Philipina.
j.        Th 1963 jambore XI di Marathon, Yunani.
k.       Th 1967 jambore XII di Idaho, Amerika Serikat.
l.         Th 1971 jambore XIII di Asagiri, Jepang.
m.    Th 1975 jambore XIV di Lillehommer, Norwegia.
n.      Th 1979 jambore  yang seharusnya di Neishaboor, Iran, tetapi di batalkan.
o.      Th 1983 jambore XV di Kananaskis, Kanada.
6.       Pada Th 1914 BP mulai menulis petunjuk untuk kursus Pembina pramuka. Rencana ini baru-baru dapat dilaksanakan mulai th 1919 dari sahabatnya yang bernama W.F. de Bois Mae Leren, BP mendapay sebidang tanah di Chingford, yang di gunakan sebagai tempat pendidikan Pembina pramuka. Tempat ini dikenal dengan nama GILWELL PARK.
7.       Sejak th 1920 di bentuk dewan internasional dengan 9 orang anggota dan biro sekretariatnya yang ada di London, Inggris.
         Pada waktu th 1958 Biro kepramukaan sedunia(putra) di pindahkan dari London ke Otawa, Canada.
         Tgl 1 Mei 1968 Biro kepramukaan sedunia(putra) di pindahkan lagi ke Geneva, di Swiss Sejak th 1920 sampai 1965 kepala Biro kepramukaan sedunia ini di pegang berturut-turut oleh HUBERT MARTIN(Inggris), Kolenel J.S. Wilson(Inggris), Mayjen D.C. Spry(Canada).
         Th 1965 D.C. Spry diganti oleh R.T. Lund dan sejak 1 Mei 1968 sampai sekarang di pegang oleh DR. Lazle Nagy sebagai sekjen.
         Biro kepramukaan sedunia(putra) hanya mempunyai 40 orang tenaga Staf, yang ada di Geneva  & di 5 kantor kawasan, yaitu Costa Rica, Mesir, Philipina, Swiss, dan Nigeria.
         Biro kepramukaan sedunia(puteri) sampai sekarang tetap berada di London, & juga di 5 kantor kawasan, yaitu Eropa, Asia Fasifik, Arab, Afrika, dan Amerika Latin.

 
SEJARAH SINGKAT
1.      Pemimpin-pemimpin didalam pergerakan nasional  gagasan Baden Powell, itu di ambil alih, dan di bentuk organisasi-organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk manusia Indonesia yang baik yaitu menjadi kader pergerakan  Nasional. Didirikan bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain J P O (Javaanse Padvindres Organisatie), J J P (Jong Java Vadvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitisehe  Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Vadvindery), N W (Nisbul Wathon), dan sebagainya.
2.      Adanya larangan pemerintah Hindia Belanda kepada organisasi kepanduan di luar NIPV  untuk menggunakan istilah Padvinder dan Padvindery, maka K.H. Agus Salim menggunakan istilah pandu dan kepanduan untuk menggantikan istilah asing Padvinder dan Padvindery.
3.      Pada tahun 1930 dengan adanya INPO (Indonesia Padvinders Organisatie) PK (Panduan Kesultanan) dan PPS (Pandu Pemuda Sumatra) berdiri menjadi satu organisasi  yaitu KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Kemudian terbentuklah suatu federasi yang di namakan Persatuan Antar Pandu-pandu Indonesia (PAPI) pada tahun 1931, yang kemudian berubah menjadi Badan Pusat Persatuan Kepanduan Indonesia (BPPKI) pada tahun 1930.
4.      Diwaktu penduduk Jepang (Perang Dunia 2), oleh penguasa Jepang di Indonesia organisasi kepanduan di Indonesia itu dilarang adanya. Tokoh-tokoh pandu banyak yang masuk dalam organisasi Seinendan, Keibodan & pembela Tanah Air (PETA).
5.      Sesudah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, di waktu berkobarnya perang Kemerdekaan di bentuklah organisasi kepanduan yang berbentuk Kesatuan, yaitu Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 di sala, sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di dalam wilayah Negara Revublik Indonesia.
6.      Setelah pengakuan kedaulatan maka di dalam alam Liberal, terbukalah kesempatan kepada siapapun untuk membentuk organisasi kepanduan. Berdirilah kembali organisasi lainya.
7.      Menjelang tahun 1961 Kepanduan Indonesia telah terpecah-pecah menjadi lebih dari 100 organisasi kepanduan , suatu keadaan yang terasa sangat lemah, meskipun sebagian dari pada organisasi itu terhimpun di dalam tiga federasi organisasi-organisasi kepanduan putra dan dua federasi organisasi-organisasi kepanduan putri yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia, tanggal 13 september 1951), POP PINDO (Persatuan Organisasi Pandu Putri Indonesia) pada tahun 1954, dan PKPI (Perserikatan Kepanduan Putri Indonesia).
8.      Akan tetapi kekuatan pancasila di dalam BERKINDO menantangnya, dan dengan bantuan perdana mentri Juanda, maka perjuangan mereka menghasilkan keputusan Presiden Revublik Indonesia No. 238 tahun 1961 tentang gerakan Pramuka, yang pada tanggal 20 Mei 1961 di tanda tangani oleh Ir. Juanda sebagai pejabat Presiden Revublik Indonesia, karna Presiden Soekarno sedang berkunjung ke negri Jepang.
9.      Di dalam keputusan Presiden No. 238 tahun 1961 tersebut di atas, gerakan Pramuka oleh Pemerintah di tetapkan sebagai satu-satunya badan di wilayah Revublik Indonesia yang di perbolehkan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak & pemuda-pemuda Indonesia, organisasi lain yang menyerupai, yang sama sifatnya dengan Gerakan Pramuka dilarang adanya.
10.  Didalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka di tetapkan bahwa dasar Gerakan Pramuka bertujuan adalah Pancasila, dan di dalam Anggaran Dasar itu di tetapkan pula bahwa Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak & pemuda-pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang pelaksanaanya di serasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar supaya menjadi manusia-manusia Indonesia yang baik, dan anggota masyarakat Indonesia yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.
11.  Prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan sebagaimana dirumuskan oleh Lord Baden Powell itu tetap di pegang, akan tetapi pelaksanaanya itu di rubah, yaitu di serasikan dengan keadaan dan kebutuhan Nasional di Indonesia, dengan keadaan dan kebutuhan regional di masing-masing daerah di Indonesia, bahkan juga diserasikan dengan keadaan dan kebutuhan lokal di masing-masing desa di Indonesia.
12.  Kemajuan pesat itu adalah juga berkat sistim Majelis pembingbing yang di jalan kan oleh Gerakan Pramuka pada tiap tingkat, dari tingkat nasional sampai tingkat gugus depan.
13.  Satuan-satuan karya Pramuka Taruna Bumi itu di bentuk dan di selenggarakan khusus untuk memungkinkan adanya kegiatan-kegiatan Pramuka di bidang pendidikan cinta pembangunan pertanian dan pembangunan masyarakat desa secara lebih nyata dan lebih intensip. Di samping itu ada pula satuan karya Pramuka dirgantara satuan karya Bahari, dan satuan Karya Pramuka Bhayangkara, yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan cinta Dirgantara, pendidikan cinta Bahari, dan cinta ketertiban masyarakat. Satuan-satuan karya tersebut, terdiri dari Pramuka penegak (16 sampai 20 tahun) dan pramuka pendega (21 sampai 25 tahun) yang berminat. Pramuka-pramuka siaga dan Pramuka-pramuka penggalang, yaitu yang berusia 7 sampai 10 tahun dan 11 sampai 15 tahun, tidak ikut satuan-satuan karya tersebut, akan tetapi para penegak dan pendega dalam gugus depanya menjadi instruktur bagi adik-adiknya dan rekan-rekanya pramuka dalam kecakapan yang di perolehnya sebagai anggota satuan Karya yang dimaksud.
14.  Dalam rangka usaha peningkatan kecakapan, keterampilan dan bakti masyarakat Gerakan Pramuka mengadakan kerjasama denganbanyak instasi, seperti Palang Merah Indonesia, bank Indonesia (Tabanas, Tappelpram), Departemen pekerjaan Umum, Departemen P & K, Departemen Agama, dan lai-lain.


0 comments to "Sejarah Singkat Gerakan Pramuka Sedunia"

Posting Komentar

Suka Artikel ini? _- RDC BLOG -_
Like This!

Copyright 2013. Diberdayakan oleh Blogger.
_- RDC BLOG -_

Profil

Foto saya
Majalengka, Jawa Barat, Indonesia
Admin : Riezky Dathens Civilliantss Tentang : Seorang Pelajar yang Mempunyai rasa Kedisiplinan, Penuh Rasa untuk Bertanggung Jawab, Rajin, Terampil, Hemat, Cermat, Bersahaja, dan Suci dalam Pikiran-Perkataan-Perbuatan. Cita* : - GurU - Menghajikan Kedua Orang Tua

Anda Pengunjung yang ke

Followers

Time Zone

Entri Populer

Free Download SoftWare

Sekilas Berita

Berita Seputar Olahraga

Web hosting for webmasters